Minggu, 25 Februari 2018

Spot Instagramable Wisata Alam Kalibiru Kulonprogo

Wahana Liburan Kalibiru Jogja
Jogja memiliki sejuta pesona yang tidak akan habis sampai kapanpun. Tak hanya kaya akan budaya, Jogja juga menjadi tempat bagi mereka yang mencari pendidikan terbaik, kuliner, tempat-tempat indah hingga objek wisata yang mendunia.
Ada banyak sekali tempat wisata di Jogja yang wajib kita kunjungi. Salah satu yang paling populer belakangan ini adalah Spot Instagramable Wisata Alam Kalibiru Kulon Progo.
Kepopuleran Kalibiru bermula ketika  seorang artis mengupload foto liburannya di objek wisata tersebut. Seketika, objek liburan keluarga Kalibiru Kulon Progo menjadi salah satu destinasi wisata Jogja yang wajib dikunjungi. Selain karena keindahan alamnya yang menawan juga karena berbagai fasilitas yang sudah disediakan.
Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang obyek wisata ini?

Desa dan Hutan Wisata Kalibiru

Hutan Kalibiru lokasinya ada di area Perbukitan Menoreh. Karena berada di kawasan perbukitan dengan ketinggian sekitar 450 Mdpl membuat kawasan Kalibiru Kulon Progo ini memiliki udara yang sejuk serta masih segar karena belum tercemar oleh polusi udara. Hutan milik pemerintah ini kini dikelola oleh masyarakat sekitar dan dijadikan sebagai objek wisata alam dan wisata edukasi. Bagi kamu yang tertarik untuk menikmati keindahan objek wisata alam Kalianget Kulon Progo sebaiknya mempersiapkan fisik terlebih dahulu. Karena tidak lengkap rasanya kalau ke Kalibiru tapi tidak mencoba jalur trekking.

Lokasi Obyek Wisata Kalibiru

Lokasi objek wisata alam Kalibiru ini ada di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogo. Hutan wisata ini hanya berjarak sekitar 40 km dari pusat kota jogja. Objek wisata ini berdekatan dengan wisata Waduk Sermo. Karena perjalanan yang akan kita lalui menanjak sebaiknya gunakan kendaraan ber-cc besar. Lokasi tepatnya Hutan Kalibiru ada di Jl. Sermo-Kalibiru, Hargowilis, Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia.

Keunikan Obyek WIsata Kalibiru

Obyek wisata Kalibiru menjadi begitu populer saat foto tempat ini muncul di akun instagram salah satu selebritis. Foto seseorang di atas menara pandang sebuah pohon dengan latar belakang Waduk Sermo dan kawasan Menoreh. Karena foto tersebut Kalibiru pun menjadi tempat wisata yang naik daun.

Menara Pandang di Atas Pohon

Menara pandang ini sebenarnya merupakan tempat start dan finishnya wahana outbond yang ada di Kalibiru. Kini, menara pandang tersebut lebih sering digunakan sebagai tempat berfoto wisatawan. Berhubung lokasinya di atas pohon, wisatawan yang ingin berfoto di menara pandang tersebut harus naik tangga. Karena itu ada seorang penjaga yang akan membantu pengunjung.

Gardu Pandang Kalibiru

Selain menara pandang di atas pohon, di Kalibiru juga ada beberapa gardu pandang yang bisa dicapai dengan treking menyusuri jalan setapak yang sudah dicor. Gardu pandang ini tersebar di berbagai tempat dengan pemandangan utama menghadap Waduk Sermo. Saat pagi hari wisatawan bisa menyaksikan Sermo yang berselimutkan kabut, sedangkan saat senja pemandangan mentari yang terbenam di barat akan menjadi penutup hari yang sempurna.

Trekking di Kalibiru

Kegiatan trekking menjadi salah satu aktivitas seru yang tidak boleh dilewatkan, berbagai rute dan medan disediakan disini, ada yang 1,5 km, 3 km, 5 km, dan 7 km. Khusus untuk trek 7 km, kamu bisa melihat Waduk Sremo dari jarak dekat. Saat treking melalui jalan setapak, sewaktu-waktu kamu bisa melihat bermacam hewan langka seperti Elang Jawa, ayam Alas, Landak, Celeng, bahkan Harimau Jawa serta Harimau Kumbang.

Jembatan Monyet

Jembatan Monyet ini merupakan jembatan gantung yang dipasang diantara dua pohon dengan ketinggian kurang lebih 50 meter. Ketika kita melewati jembatan gantung ini yang bila dipijak akan bergoyang.
Seperti itulah Spot Instagramable Wisata Alam Kalibiru Kulonprogo begitu indah dan menyenangkan. Dengan akses yang mudah, biaya akomodasi yang murah dan tempat yang menakjubkan akan membuat kita ingin kembali lagi suatu saat nanti setelah mengunjungi obyek wisata ini.

0 komentar:

Posting Komentar